Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos

Pupuk kompos adalah pupuk yang dihasilkan dari bahan organik melalui proses pembusukan. Pembuatannya dilakukan pada suatu tempat yang terlindung dari matahari dan hujan. Untuk mempercepat pematangan serta menambah unsur hara, dapat ditambahkan campuran kapur pertanian pertanian, kotoran ternak dan bakteri. Bahan yang digunakan sebagai sumber kompos dapat berupa limbah, seperti sampah dan sisa-sisa tanaman tertentu (jerami, rumput, dan lain-lain).

Dalam rangka melatih serta mengembangkan minat warga Pemerintah Desa Kembang bekerja sama dengan PID ( Program Inovasi Desa ) menyelenggarakan pelatihan pembuatan kompos yang dilaksanakan di rumah salah satu Ketua RT Desa Kembang.

Turut hadir dalam acara itu bapak Camat jatipurno , Drs. Suradi, MM , Sekcam Kec. Jatipurno Widodo S.Sos, M.Si, Pj kepala desa kembang, Dwi Susilowati, SH, M.Hum dan segenap perangkat desa serta Rt dan Rw sedesa Kembang. Acara dimulai pukul 09.00 di rumah ketua RT 02 Purwoko

Pengembangan pupuk organik menggunakan teknologi EM4 telah banyak dikembangkan di Indonesia

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan memberikan pengetahuan kepada masyarakat desa Drien tentang cara pembuatan pupuk kompos dengan menggunakan EM4, sehingga kegiatan ini bisa dijadikan sebagai suatu lapangan kerja baru bagi masyarakat desa Kembang khususnya petani dalam meningkatkan produktivitas lahannya dan juga pendapatan.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan